Sorang demi sorang Ulama kita prgi mninggalkn kita (6gmbr)

Jakarta : Kesedihan belum hilang atas kem4tian Dai ilallah Syekh Ali Jaber, kini kita sekali lagi dikejutkan dengan berita sedih mengenai pemergian ulama karismatik yang juga Pengasuh Majlis Ta’lim Al-Afaf di Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Jumaat (15/1/2021).

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiu’un, kita sebenarnya milik Allah dan hanya kepadaNya kita semua kembali, para sarjana di bumi seperti bintang di langit.

Bintang dapat memberi petunjuk kepada orang yang berada dalam kegelapan malam, di darat atau di lautan, Sekiranya bintang-bintang tidak muncul, manusia tidak mendapat petunjuk, Itulah sabda Nabi Muhammad dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Kematian para ulama adalah bencana besar bagi umat, Ini sebagaimana hadis Nabi Muhammad saw :

Sesungguhnya, Allah Ta’ala tidak menyimpan pengetahuan dengan satu cabutan, mencabutnya dari hamba-hamba-Nya, Namun, dia menimba ilmu dengan menggunakan sarjana Islam.

Jadi, jika seorang sarjana tidak ditinggalkan, manusia akan merujuk kepada orang yang jahil, Mereka bertanya, jadi mereka (orang bodoh) tanpa pengetahuan, Sehingga mereka tersesat dan tersesat. ” (Dilaporkan oleh Al-Bukhari).

Berikut adalah senarai ulama yang meninggal pada Januari 2021:

1. Habib Ja’far bin Muhammad Al Kaff Kudus (1 Januari 2021), 2. KH R Muhaimin Asnawi – PP Al Asnawi Magelang (1 Januari 2021),3. KH R Abdullah Nachrowi – PP Ash-Shogiri Bogor (2 Januari 2021),4. KH R Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir – PP Al Munawir Krapyak (4 Januari 2021),5. Drs M Sai M.HI – PP Nurul Yakin Malaka (5 Januari 2021).

6. KH Muhammad Fatih Naim – Ulama dari Cipete (5 Januari 2021), 7. KH Muhammad Nuruddin A Rahman – PP Al Hikam Bangkalan (9 Januari 2021), 8. Habib Abubakar bin Salim Al Hamid Bondowoso (9 Januari 2021),9. KH Zainuddin Badrus – PP Al Hikmah Kediri (10 Januari 2021),10. KH A Yasin Asmuni – PP Hidyatut Thullab (11 Januari 2021).

11. Drs H Ibnu Hazen – LTMNU (12 Januari 2021),12. Habib Thohir Bin Husain Ketua Majlis Semarang Raudhatul Mustofa (13 Januari 2021),
13. Sheikh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber (14 Januari 2021),14. Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf – Ketua Majlis Ta’lim Al-Afaf Tebet Jakarta (15 Januari 2021).

Sebelumnya, empat cendekiawan karismatik meninggal dunia pada hari Khamis (3/12/2020), iaitu Al-Habib Thohir bin Abdullah Alkaff (Pengasuh Ponpes Tegal Darul Hijrah, Jawa Tengah).

KH Qohwatul Adib Munawar (Pesantren Langitan, Jawa Timur). KH Faiq Robayan (Jepara, Jawa Tengah). dan Al-Habib Umar Bin Aqil Bin Yahya (Gresik, Jawa Timur).

Beberapa bulan sebelumnya, Kiyai DR Zarkasih Nur (Pemimpin Sekolah Berasrama Islam Gontor) meninggal dua bulan dan ulama Betawi KH Rizki Zulqornain meninggal pada usia muda 38 tahun.

Terlepas dari para sarjana di atas, mungkin ada banyak orang alim yang meninggal pada bulan ini yang belum didedahkan kepada media.

Yang pasti ialah pemergian para ilmuan dan orang-orang alim adalah kesedihan yang besar bagi umat Islam, Mereka adalah role model dan role model yang mengajar pengetahuan dan akhlak mulia.

Semoga Allah memuliakan mereka dan membesarkan mereka di tempat yang terpuji. AlFatihah Credit: Patrolipost.com.